Seputar Modifikasi Air Suspension
 

Seputar Modifikasi Air Suspension

| Posted in Uncategorized

Seiring bertambahnya ilmu pengetahuan muncullah teknologi teknologi terbaru, termasuk salah satunya adalah teknologi suspensi udara atau air suspension pada kendaraan.

Teknologi yang satu ini sudah banyak berkembang dan telah banyak diaplikasikan ke kendaraan kelas premium seperti mobil Marcedes Benz OH 1830 dan 1836 serta beberapa jenis kendaraan angkutan massal sekelas bus. Suspensi udara ini diklaim memiliki tingkat kenyamanan yang lebih nyaman dibandingkan suspensi jenis lainnya.
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penggunaan air suspension atau suspensi udara pada mobil soluna. Modifikasi seperti ini lazim dilakukan oleh para modifikator yang tentunya dengan biaya yang tidak sedikit.  Kembali ke bahasan, pemasangan air suspension ini tentu ada maksud dan tujuannya, di bawah akan dipaparkan mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan air suspension tersebut.
KELEBIHAN
  1.  Mengurangi kebisingan dan getaran
Kebisingan dan getaran  membuat pengemudi lebih cepat lelah dan merasa tidak nyaman. Dengan menggunakan suspensi udara hal tersebut bisa dikurangi karena getaran dan kebisingan yang dihasilkan lebih kecil.
  1.  Efisiensi penggunaan bahan bakar
Dengan menyesuaikan ketinggian mobil ketika berjalan maka akan berpengaruh terhadap gesekan angin yang ditimbulkan.  Ketika muatan mobil kosong, ketinggian mobil bisa diatur menjadi lebih pendek, hal ini bisa membuat aerodinamis mobil menjadi lebih baik karena mengurangi gesekan dengan angin.  Tentunya hal ini berpengaruh terhadap penghematan bahan bakar.
  1.  Cocok untuk berbagai beban
Penggunaan suspensi udara bisa menambah kemampuan untuk mengangkut bermacam beban dengan menciptakan cengkeraman yang baik dengan mengatur ketinggian suspensinya.
  1.  Efisiensi ban
Beberapa tipe suspensi udara bisa mengangkat axle yang tidak digunakan, tentunya ini akan berpengaruh terhadap penggunaan ban
  1.  Harga jual yang bagus
Mobil yang dilengkapi dengan suspensi udara mempunyai harga jual kembali yang begitu baik (IMHO).
Selain kelebihan, pastinya ada kekurangannya.  Berikut adalah kekurangan mobil yang dilengkapi dengan suspensi udara.
KEKURANGAN
  1.  Ketahanan
Ketahanan suspensi udara tidak lebih baik dari leaf spring.  Leaf spring tidak membutuhkan terlalu banyak pemeliharaan. Berbeda dengan suspensi udara, perawatannya lebih complex dan membutuhkan perhatian lebih.  Tidak jauh-jauh dari yang namanya kebocoran.
  1.  Lebih mahal
Terutama bagi yang mengganti model konvensional ke suspensi udara. Dalam hal ini biaya awal dan pemasangannya.
  1.  Pengoperasian
Operator harus mengerti cara mengatur tekanan udara yang masuk ke suspensi untuk menghindari kerusakan.  Kesalahan bisa menyebabkan kerusakan pada suspensi udara.
Itulah kelemahan dan kekurangan dalam penggunaan suspensi udara pada mobil.  Semua pilihan diserahkan kepada pribadi masing-masing.
Salah satu bengkel rekomendasi buat RR TSC dalam penerapan modifikasi Air Suspension ini adalah KNZ Modification binaan om Adi Bedu yang berlokasi di karawang barat. Bengkel yang juga melayani body bodycustom, bodyrepair & painting, widebody, pemasangan sunroof, moonroof, panoramicroof, D2 coilover ini juga melayani pemasangan aipridesuspension x airlift performance.

“untuk member TSC bisa diberikan harga special yang berkisan di angka Rp. 18.250.000 diluar biaya pemasangan” ujar om Adi Bedu selaku pemilik bengkel KNZ Modification.
Bagi RR yang berminat dapat menghubungi beliau di nomer 0816766096 atau melihat hasil hasil lainnya di instagram @knzmodification.
http://truckerid.blogspot.co.id
http://automotivexist.blogspot.co.id

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

©2018. All Rights Reserved.